Facebook Gaming, App Store

Hi Slappers, Siapa yang belum tau Facebook Gaming nih? Kali ini berita datang dari Facebook, Facebook kali ini meluncurkan program barunya yaitu Facebook Gaming. Facebook Gaming diluncurkan pada bulan April Tahun 2020, Peluncuran ini nyatanya lebih cepat dari yang di jadwalkan. Awalnya Facebook menjadwalkan peluncurannya pada bulan Juni 2020.

Hal ini mungkin karena adanya pandemi Covid-19, yang memaksa banyak orang untuk berdiam diri di rumah dan bekerja dari rumah. Dengan begitu Facebook memanfaatkannya sebagai timing yang tepat untuk merilis produk barunya yaitu Facebook Gaming.

Menurut Fidji Simo seorang Head Facebook App mengatakan bahwa pandemi telah mendorong perusahaan untuk mempercepat proyek game lainnya dan juga fitur turnamen baru. "Kami melihat peningkatan besar dalam permainan selama karantina," katanya. 

Menurutnya "Berinvestasi dalam game telah menjadi prioritas kami karena kami melihat game sebagai bentuk hiburan yang benar-benar menghubungkan orang," seperti dilansir dari New York Times pada Senin (20/4/2020). 

Kehadiran Facebook Gaming di gadang - gadang akan menyaingi rivalnya yang lebih dulu bermain di sektor ini. Yaitu Youtube Gaming dan Twitch. Setelah Facebook Gaming dirilis, Facebook berniat untuk merambah penggunanya dengan menghadirkan layanan tersebut ke iOS dan Android.

Menghadirkan layanan Facebook Gaming ke pengguna Android tidak menemui jalan berliku, saat ini anda dapat menemukan layanan Facebook Gaming di Google Play Store.

Kendala dimulai ketika Facebook Gaming ingin merangsak ke pengguna iOS, yang berhubungan langsung dengan Apple. Yap, Apple menolak mentah mentah layanan Facebook Gaming yang di gadang - gadang akan menjadi pesaing Yotube Gaming dan juga Twitch. Menurut laporan terbaru New York Times, Apple menolak kehadiran Facebook Gaming di iOS App Store. Hal itu diungkapkan langsung oleh salah seorang Executive dan Engineers Facebook Gaming.

Menurutnya, penolakan ini sudah bukan menjadi sesuatu yang mengejutkan. Pasalnya, bukan sekali atau dua kali Facebook Gaming mendapat penolakan, melainkan lima kali. Sejak Februari lalu, Facebook sudah berusaha untuk mengajukan permintaan ke pihak Apple agar Facebook Gaming bisa tersedia di App Store. Namun, hal itu selalu menemukan jalan buntu sampai dengan saat ini.

Seseorang sumber dari Apple mengatakan bahwa, Apple tidak mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk mendistribusikan game melalui platform terpisah. Tidak ada penyebab yang pasti dan argumen yang kuat kenapa Apple membuat peraturan seperti itu. Apple memang sedang banyak diperbincangkan mengenai peraturan - peraturannya itu. Banyak developer developer yang aplikasi yang terbentur dengan kebijakan Apple, yang disinyalir hanya menguntungkan Apple saja. 

Dari alasan Apple tersebut bisa saja mereka takut tersaingi oleh Facebook yang dimana Apple sendiri memiliki Platform video games sendiri, yaitu Apple Arcade.

Dengan berbagai alasan Apple yang kini memiliki platform terbesar, sampai sampai salah satu badan ekstekutif Uni Eropa, European Commission menyatakan tengah melakukan investigasi terhadap peraturan yang diterapkan Apple tersebut.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama