Spotify, Epic Games, dan App Store


Spotify merupakan aplikasi layanan streaming musik digital, podcast, dan video. Lalu apa hubungannya dengan Epic Games dan App Store?. Layanan Spotify dan Epic Games emang berbeda jauh namun mereka berada dalam 1 ruang lingkup yang sama yaitu sama-sama berada di dalam 1 store, yaitu App Store yang di dirikan oleh Apple. Akhir-akhir ini memang sedang santer media memberitakan perseteruan antara Epic Games dan Apple. Yap, Epic Games sebagai pengembang Game Battle Royal yaitu Fortnite dihapus secara permanen oleh App Store. Dikarenakan Fortnite dianggap melanggar pedoman in-app paymentHal ini memicu Spotify sebagai layanan musik untuk Speakup. Karena kebijakan Apple dianggap merugikan sebagian besar pengembang aplikasi. 

Dengan begitu, Spotify menegaskan secara publik mendukung Epic Games atas keputusannya melawan balik Apple. Setelah Fortnite dihapus dari App Store. Sebagai informasi, Spotify sendiri pernah melayangkan gugatan serupa pada Apple tahun lalu.

"Kami memuji tindakan Epic Games untuk mengambil sikap melawan Apple dan menjelaskan secara gamblang penyalahgunaan Apple atas posisinya yang dominan," tulis Spotify seperti dikutip dari Apple Insider

Kemudian Spotify menegaskan bahwa praktik yang dilakukan Apple ini tidak lah adil dan telah merugikan pesaing dan konsumen sejak lama. Spotify tidak sendirian untuk mendukung Epic Games, Match Group sebagai pengembang dan pemilik aplikasi Tinder juga menyerukan dukungan yang sama terhadap Epic Games.




Disisi lain, Epic Games juga menyerang Apple di media sosial. Epic Games meluncurkan kampanye dengan tagar #FreeFortnite, yang mendesak para pemainnya untuk meminta pengembalian dana dari Apple jika mereka kehilangan akses terhadap game Fortnite. Epic Games juga membuat parodi iklan televisi Apple pada '1984'.

Lalu, Bagaimana Dampaknya Terhadap Pemain Fortnite?

Fortnite (Epic Games)

Dengan dihapusnya Fortnite dari App Store, dapat dipastikan pemain tidak dapat mengunduh dan juga memainkannya di gawai. Namun pemain dapat memainkan Fortnite dalam perangkat lainnya, contohnya PC ataupun Laptop. Akun yang terdaftar di gawai anda, dapat anda masukkan kedalam Fortnite versi PC. Dengan begitu anda tidak perlu untuk membuat akun baru lagi. 

Epic Games sendiri tidak menyebutkan berapa banyak pengguna iOs yang memainkan Fortnite, namun dikabarkan Epic Games sendiri memperoleh pendapatanan terbesarnya melalui pengguna iOS. Para analis pun meyakini bahwa Game merupakan kontributor terbesar dalam mendulang keuntungan di App Store.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama