Beberapa Fitur yang baru dari MacOS Big Sur

MacOS Big Sur

Hi Slappers, Kali ini kita bakalan bahas tentang sistem operasi terbarunya dari Mac nih. Okay, kita mulai dari pembahasan yang pertama.

Apa itu MacOS ?

Bagi anda pengguna Apple, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Macintosh Operating System atau lebih dikenal dengan MacOS. MacOS merupakan sistem operasi yang tertanam di setiap Mac milik Apple. MacOS pertama kali diluncurkan pada tahun 1986. MacOS memang dikenal memiliki desain yang elegan, hal ini menjadikan MacOS sebagai acuan atau panutan bagi pengembang dekstop lain.

MacOS Big Sur

MacOS Big Sur merupakan sistem operasi terbaru milik Apple yang baru saja diluncurkan pada bulan Juni 2020 kemarin di acara WWDC. MacOS Big Sur adalah penerus dari sistem operasi sebelumnya yaitu Catalina (MacOS 10.15) yang dirilis pada tahun 2019. Big Sur menjadi nama resmi dari MacOS 11, Hal ini menandakan berakhirnya penamaan MacOS 10 yang diperkenalkan pada tahun 2001 silam.

Penamaan Big Sur diambil dari sebuah serial Big Little Lies yang disiarkan HBO. Obyek wisata ini merupakan bentang pegunungan batu kars panjang di pantai tengah California, yang berbatasan dengan timur pegunungan Santa Lucia dan barat Samudra Pasifik.


Apa yang baru dari MacOS Big Sur?


Halaman Antarmuka Big Sur

Antarmuka Pengguna / User Interface

Penggunaan antarmuka iOS dan MacOS memiliki perbedaan yang sangat menonjol. Antarmuka MacOS tertinggal jauh dari iOS yang dibenamkan pada gadget milik Apple. Maka dari itu dengan hadirnya MacOS Big Sur ini Apple membawa perubahan besar - besaran dari sisi antarmuka yang lebih mengesankan dari pendahulunya yaitu Catalina.

Apple mengubah ikon bawaan dari Mac itu sendiri, sehingga lebih mirip dengan iOS. Namun tetap mempertahankan esensi yang dimiliki oleh Mac. Ikon yang ditampilkan tampak mengambang pada layar. Layout terlihat lebih bersih dari seri sebelumnya dan tombol akan menghilang pada saat tidak digunakan.

Antarmuka Big Sur yang terlihat memiliki lebih banyak ruang 

Tampilan menu di Big Sur tampak transparan dan pada menu menampilkan lebih banyak fungsionalitas. Dengan tampilan yang baru ini terlihat lebih bersih dan lebih banyak ruang. Apple juga menambahkan pusat kontrol menu pada Mac dan ini terlihat seperti iOS. 

Kontrol sistem MacOS Big Sur

Dengan ditambahkannya fitur ini anda diberi akses ke beberapa kontrol sistem, seperti konektivitas jaringan, kecerahan layar, volume suara, dan kontrol musik. Menu ini dapat anda sesuaikan layaknya anda menggunakan iPhone. Big Sur juga akan menambahkan galeri yang menampilkan widget yang anda tambahkan sendiri sehingga pengguna dapat meng - kostumisasi sesuai dengan hati. Disamping itu Apple juga tengah menyempurnakan suara sistem sehingga terdengar lebih fresh.


Rumor tentang FaceID yang hadir di MacOS Big Sur

FaceID merupakan fitur yang telah lama dibenamkan di iPhone dan iPad. Dikabarkan FaceID bakalan hadir untuk pengguna Mac. Bukan tidak mungkin akan adanya laptop yang memiliki fitur FaceID. Karena pada era sekarang sistem keamanan menjadi prioritas Apple, dan FaceID merupakan salah satunya.

Namun dengan adanya FaceID di MacOS Big Sur ini sudah dipastikan anda harus membeli Mac baru untuk menikmatinya. Karena anda memerlukan kamera TrueDepth untuk menjalankannya, sedangkan Mac yang saat ini berada dipasaran merupakan kamera FaceTime.

Hal ini masih menjadi perbincangan dikarenakan ini memerlukan waktu pengembangan yang tidak cepat.  


Beberapa aplikasi yang diperbarui oleh Apple 

Aplikasi Pesan

Aplikasi pesan di Mac memiliki beberapa fitur yang tertinggal jauh dari iOS. Maka dari itu Apple memperbaruinya di Big Sur. Didalam aplikasi pesan kini pengguna dapat menemukan apa yang dicari dalam daftar pesannya. Hasil dari pencarian dikelompokkan menjadi beberapa, Misal pencarian yang di soroti, Sebuah tautan situs web, dan juga foto.

Tampilan Pesan di MacOS Big Sur

Apple melakukan banyak perubahan pada aplikasinya ini. Apple mendesain ulang tools untuk memilih foto sehingga pengguna dapat menemukan foto ataupun video yang dicarinya. Nama dan Foto anda dapat diatur secara otomatis untuk dibagikan kepada orang yang anda hubungi.

Apple juga menyediakan Memoji yang dapat anda sesuaikan sendiri, stiker memoji baru dapat anda gunakan untuk mengungkapkan perasaan secara grafis. Anda juga dapat menggunakan GIF dan gambar yang ada di internet.

Fitur yang tak kalah kerennya lagi yaitu anda dapat mengatur percakapan anda dengan menyematkan hingga 9 percakan dibagian atas daftar anda. Dalam percakapan grup, Anda dapat membalas pesan tertentu sehingga anda tidak perlu khawatir miskom dengan rekan yang anda ajak bicara.


Efek baru di aplikasi pesan MacOS Big Sur

Aplikasi Browser Safari

Apple telah mengatakan bahwa Safari pada Big Sur ini telah dioptimalkan sehingga menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Apple mengklaim bahwa Safari baru ini akan lebih cepat ketimbang Google Chrome.

Tombol Privasi pada toolbar kini menampilkan laporan lengkap anda dalam 30 hari terakhir.

Tampilan privasi di Aplikasi Safari MacOS Big Sur

Apple juga akan berfokus pada ekstensi yang dibuat oleh pihak ketiga. Pengembang dapat mengubah ekstensi dari Google Chrome menjadi ekstensi untuk Safari. Anda juga dapat mengetahui fungsi dari masing - masing ekstensi yang ada dan App Store akan menampilkan ekstensi mana yang populer. Anda juga dapat menentukan kapan ekstensi dapat berfungsi di situs web.

Beralih ke halaman antarmuka pengguna, kini halaman awal Safari memiliki banyak opsi penyesuaian. Favicon akan muncul di tab halaman, dan jika anda menahan kursor di atas tab, anda akan melihat pratinjau halaman web tersebut.

Safari juga akan memiliki alat yang dapat menerjemahkan situs we ke dalam bahasa inggris, Spanyol, China, Prancis. Jerman, Rusia, atau Brazil.

halaman depan, safari, macos, big sur
Halaman depan di Safari dapat disesuaikan oleh anda sendiri

Aplikasi Foto

Aplikasi Foto merupakan aplikasi yang paling sering digunakan di Mac. Jadi Apple akan mengoptimalkan aplikasi foto agar dapat memuaskan penggunanya. Aplikasi Foto di MacOS kali ini akan lebih banyak fitur pengeditan. Anda dapat mengatur intensitas filter dan Potrait Lightning. 

Disini juga anda dapat menambahkan beberapa teks kedalam foto anda yang akan di sinkronkan dengan bantuan iCloud .

Aplikasi Maps

Menurut Apple, versi terbaru dari Maps ini dimulai dari versi iOS yang diubah ke Mac menggunakan sistem operasi sebelumnya yaitu Catalyst. Disini anda dapat menyimpan sebuah lokasi sebagai lokasi favorit. Ini merupakan fitur yang anda dapat di iPhone dan iPad namun tidak pernah ada di Mac.

tampilan, apple, big sur, maps
Tampilan Peta di MacOS Big Sur

Panduan baru dari maps akan memberikan anda informasi tentang sebuah lokasi. Ini akan sangat berguna bagi para wisatawan pada saat peluncuran panduan ini hanya tersedia untuk beberapa tempat saja yaitu London, Los Angeles, New York dan San Francisco. Namun hal ini sedang dalam pengembangan, sementara itu anda dapat membuat panduan anda sendiri.

Aplikasi Catatan

Kini anda dapat menyematkan catatan sehingga selalu muncul kedalam bagian atas daftar anda. Anda juga dapat menutup dan memperluas bacaan yang anda sematkan. Big Sur juga memiliki beberapa gaya teks yang dapat anda gunakan sesuai dengan keinginan anda. 

Kapan MacOS akan dirilis secara Global?

Biasanya Apple merilis sistem operasinya pada saat musim gugur yang biasa diumumkan pada saat WWDC. Kemungkinan besar MacOS Big Sur akan dirilis pada bulan September atau Oktober. Namun karena kondisi pandemi masih berlangsung di beberapa negara, mungkin hal ini dapat meleset dari perkiraan yang ditetapkan sebelumnya. Karena pandemi ini memengaruhi jadwal dari semua perusahaan. Semoga pandemi ini cepat berlalu demi kelancaran semua hal.


Mac apa yang kompatibel dengan MacOS Big Sur ini?

  • MacBook : 2015 dan lebih baru
  • MacBook Air: 2013 dan lebih baru
  • MacBook Pro: Akhir 2013 dan lebih baru
  • Mac mini: 2014 dan lebih baru
  • iMac: 2014 dan lebih baru
  • iMac Pro: 2017 dan lebih baru
  • Mac Pro: 2013 dan lebih baru


Apakah saya dapat mencoba versi Beta dari MacOS Big Sur ini?

Tenang saja bagi anda pecinta Apple Enthusiast anda dapat mencoba versi Beta dari Big Sur ini dengan mengaksesnya disini. Anda harus mendaftar sebagai pengembang dan ada juga biaya tahunan sebesar $ 99, disana anda dapat mengakses video dari semua sesi di WWDC.

Apple menyediakan program Beta publik untuk penggunanya yang ingin mencoba MacOS Big Sur ini, Namun dalam hal ini anda diharuskan bersedia mengambil resiko. Dikarenakan sistem Beta ini mungkin masih memiliki beberapa kesalahan dalam sistemnya dan mungkin dapat terjadi crash. 

Jika anda tidak masalah dengan hal ini anda dapat mencobanya di situs web Beta Apple ini. Anda tidak hanya dapat mengunduh MacOS saja, tapi anda juga dapat mencoba Beta iOS 14, iPadOS 14, WatchOS 7 dan TvOS 14 jika masih tersedia. Jika anda benar - benar bersedia untuk mengunduh versi Beta dari Big Sur ini, Kami sarankan untuk menggunakan perangkat kedua anda atau perangkat sekunder yang anda miliki. Hal ini untuk berjaga - jaga jika nantinya perangkat anda mengalami crash.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama